4 Sehat 5 Sempurna Sudah Diganti Gizi Seimbang

Gizi

Dulu terkenal dengan istilah 4 sehat 5 sempurna, tapi istilah tersebut sudahlah tidak berlaku lagi. Istilah tersebut sudah diganti menjadi gizi seimbang. Indonesia sekarang sudah resmi memakai Pedoman Gizi Seimbang atau bisa di sebut sebagai PGS.

PGS ini diciptakan agar masyarakat Indonesia dapat mendapatkan pola hidup yang lebih sehat. Hal ini dikarenakan Indonesia kurang mengerti akan gizi yang baik. Dan pemerintah pun ingin menangani masalah kelebihan maupun kekurangan gizi ini.

4 sehat 5 sempurna itu sudah menjadi sejarah. Karena ilmu pengetahuan pastinya akan terus berkembang sambil mengikuti perkembangan jaman. Itu bukan dihapus tapi dikembangkan kata Prof Soekirman selaku ahli gizi dan guru besara IPB di acara konferensi Pedoman Gizi Seimbang di Jakarta.

Kalau 4 sehat 5 sempurna berisi makanan pokok, sayur mayur, lauk pauk, susu & buah. Maka PGS ini berpacu pada makanan sehari hari yang memiliki jumlah zat gizi dan jenis sesuai kebutuhan tubuh anda.

gizi seimbang

4 PRINSIP PEDOMAN GIZI SEIMBANG

ada 4 prinsip yang harus diperhatikan dalam PSG :

1. Pentingnya pola hidup aktif dan olahraga

2. Pentingnya pola hidup bersih

3. Variasi makanan

4. Memantau berat badan ideal

Dan PSG juga menekankan jumlah porsi yang dibutuhkan oleh tubuh di setiap orangnya. Jadi porsi dan gizi yang dibutuhkan setiap orangnya juga akan berbeda beda.

Dulunya 4 sehat 5 sempurna diciptakan pertama kali pada tahun 1950an saat itu orang belum paham cara makan makanan yang benar. Tapi semenjak terciptanya 4s 5s itu masyarakat Indonesia juga jadi makin berubah dan membaik. Namun seiring berjalannya waktu hingga kini, sangat banyak orang yang mengalami obesitas, diabetes, penyakit jantung, penyakit stroke, dll.

Itulah kenapa 4 sehat 5 sempurna ini dikembangkan kembali agar menekan jumlah orang yang mengalami obesitas dll tersebut.

Pedoman Gizi Seimbang ini sebenarnya sudah diciptakan pada tahun 2003 lalu. Namun cukup disayangkan masih kurang di publikasikan oleh pihak pemerintah. Dan akhirnya baru baru mulai lagi di publikasikan ke masyarakat lewat media sosial.

Jadi buat anda yang masih mengikuti 4 sehat 5 sempurna yuk marilah kita beralih ke PSG ini agar pola hidup lebih sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit.

Tulisan ini dipublikasikan di kesehatan dan tag , , . Tandai permalink.