Apa Sih Kaitannya Pagerank Dengan Proses SEO ?

Yang namanya pagerank tidak akan pernah bisa lepas dari kata SEO. Namun masih banyak yang belum paham apa kaitannya pagerank dengan proses SEO. Oleh karena itu mari kita bahas lebih dalam.

 

Sebelum Google muncul, search engine sudah lebih dulu membuat sebuah daftar raksasa tentang website didunia secara manual, setelah pendataan selesai, nantinya akan ada pemberian ranking secara manual juga. Proses yang tidak efisien ini berdampak pada “miss” atau melesetnya pencarian dari apa yang user inginkan.

 

Sebagai contoh, ketika seorang user ingin mencari tentang iPhone X, yang keluar justru tidak ada kaitannya dengan keyword yang ia cari. Nah pagerank yang dibuat Google bertujuan untuk menghindari “miss” yang seperti itu.

 

Pagerank sendiri merupakan inti dari Google. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, tanpa pagerank, Google hanyalah search engine biasa, sama halnya seperti search engine jadul yang tidak dapat menampilkan data secara akurat.

 

Untuk skala pagerank itu bermula dari n/a hingga 10. Yang tertinggi adalah 10 sedangkan n/a adalah not available. Semakin tinggi nilai skala yang didapatkan, maka website tersebut juga akan semakin dipercaya oleh Google.

 

Untuk meningkatkan pagerank, ada banyak cara yang bisa dilakukan, namun yang paling sering digunakan adalah penerapan backlink. Intinya adalah semakin banyak dan berkualitas backlink yang ditanamkan, maka skala pagerank juga akan ikut naik.

 

Namun perlu menjadi catatan, SEO bukanlah cara untuk meningkatkan pagerank, SEO hanyalah sebuah metode agar website yang dibangun bisa masuk ke page 1 Google.

Tulisan ini dipublikasikan di Google, SEO dan tag , . Tandai permalink.