Gmail Mengalami Down Dan Tidak Bisa Digunakan Sebagaimana Mestinya

Gmail merupakan Layanan pesan eletronik yang biasa kita kenal kini mengalami Down dan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Kabar ini diketahui dari salah satu situs Down Detector.

Jumat, (16-08-2019), berdasarkan laporan yang dilansir dari Down Detector menyatakan bahwa masalah ini terjadi diberbagai dunia seperti di Indonesia, Malaysia, India dan salah satu laporan terbanyak yang mengalami down adalah dari Jepang.

Permasalah down ini pun sudah terjadi sejak siang tadi. Dan dari pengamatan yang saat ini, layanan Gmail yang sempat mengalami down ini sudah kembali membaik.

Walaupun demikian, Google masih belum memberikan pernyataan jelas terkait masalah yang terjadi. Karena masih belum ada penjelasan pasti, penyebab down yang terjadi pada layanan Gmail masih belum bisa diketahui secara pasti.

Masalah yang terjadi pada Gmail ini sempat ramai diperbincangkan di salah satu media sosial media Twitter. Mereka banyak mengeluhkan tidak dapat mengirim pesan tetapi selain itu ada yang mengaku tidak mengetahui akan masalah yang terjadi pada Gmail.

Bukan Pertamanya Terjadi

Untuk kejadian seperti ini bukanlah yang pertama kali terjadi ditahun 2019, sebelumnya dibulan Maret 2019, Gmail juga sempat down dan bukan hanya Gmail, Google Drive juga sempat mengalami down.

Masalah yang dialami oleh para pengguna Gmail adalah sulitnya melakukan Attachment atau lampiran untuk mengakses file, selain itu para penggunan juga tidak dapat mengakses dan menyimpan email pada menu Draft serta tidak dapat mengirim pesan.

Disisi lain, diluar permasalahan down pada Gmail, Google dikabarkan segera meluncurkan fitur Confidential Mode dilayanan email mereka, Gmail.

Setelah melalui beberapa bulan masa uji coba, fitur ini akan segera diluncurkan untuk seluruh pengguna Gmail.

Dilansir oleh media Phone Arena, mode rahasia pada Gmail ini akan aktif secara default, tergantung siapa yang memegang kendali atas akun Gmail tersebut.

Difitur ini juga terdapat dua opsi pengaturan yang bisa kita pilih yaitu, Disabele dan Enable. Jika pengguna mengaktifkan dari sekarang maka pengguna bisa memilih opsi Enable when the feature is in genaral availability.

Confidential mode ini sangat membantu para pengguna Gmail terutama saat harus mengirimkan pesan yang berisikan data sensitif.

Tulisan ini dipublikasikan di SosMed dan tag , , . Tandai permalink.