Google Memiliki Fitut Baru Untuk Cek Keamanan Password

Google memgumumkan bahwa saat ini mereka menghadirkan sebuah fitur baru yang terkait dengan keamanan password bagi pengguna. Fitur tersebut diluncurkan dengan nama Password Checkup.

Fitur Password Checkup ini bisa mengingatkan apakah Password kamu memiliki resiko kemungkinan untuk bisa diretas atau bisa dipakai berulang kali dalam beberapa situs dan layanan yang berbeda.

Selain itu demi keamanan, Google juga memberikan berbagai masukan kepada para pengguna jika nantinya password yang digunakan tersebut tidak aman.

Fitur Password Checkup ini tidak seutuhnya baru karena sebelumnya memang sudah ada aplikasi lain yang sudah lebih dulu menawarkan fitur yang sama. Fitur ini akan tertanam langsung dalam akun Google dari sipengguna.

Tidak hanya memberikan sebuah informasi kepada pengguna soal peretasan tersebut, tetapi fitur ini nantinya bisa mencegah para pengguna memakai password yang dirasakan tidak cocok dan aman.

Jumat, (04 Oktober 2019), berdasarkan laporan dari BGR, Google mengatakan, “Kami merilis sebuah fitur baru yaitu Password Checkup, sebuah fitur yang akan menjadi passowrd manager. Tujuan dari fitur ini adalah untuk mengecek kekuatan dan keamanan dari seluruh password yang digunakan untuk pengguna”.

Password Chekcup Akan Memberikan Kita Informasi Jika Password di Retas

Selain itu Google juga mengatakan, “Password Checkup ini akan memberikan kita informasi jika password kita diretas dan fitur ini akan memberikan beberapa pilihan jika nantinya perlu dilakukan, seperti password yang kita gunakan terlalu lemah dan mudah untuk diretas”.

Fitur ini juga akan memberikan informasi, apakah password yang kita gunakan itu aman atau telah diretas dan saat password kita sudah dipakai secara berulang diberbagai situs.

Seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan ulang password diberbagai halaman situs memanglah tidak aman karena saat salah satu akun dipengguna diretas, maka sang peretas akan lebih mudah mengambil alih akun lainnya.

Oleh karena itu para pengguna diberikan opsi atau pilihan untuk membuat password yang lebih kuat dan unik disetiap akun yang dimiliki.

Cara Menemukan Fitur Password Checkup

Untuk bisa menikmati fitur Password Checkup ini, para pengguna nantinya diwajibkan untuk membuka halaman passwords.google.com. Kemudian pengguna akan diminta untuk memasukan akun Gmail mereka untuk dilakukan pengecekkan.

Nanti setelah kita memasukan email dan password, akan muncuk berbagai diagnosis password, baik itu yang sudah diretas, yang sudah dilakukan dan digunakan secara berulang kali sampai password yang dianggap lemah.

Pengguna nantinya akan diberikan opsi untuk memperbaiki tingkat keamanan password yang dimiliki.

Tulisan ini dipublikasikan di Google dan tag . Tandai permalink.