Pahami Algoritma Cara Kerja Search Engine Google

Pahami Algoritma Cara Kerja Search Engine Google

Saat seseorang mencoba untuk mencari sesuatu melalui Google, ada sebuah algoritma yang dikerjakan oleh Google untuk menampilkan hasil yang sedang dicari. Berikut ini adalah tahapan-tahapan Google dalam memproses suatu data.

Tahap pertama adalah Crawling. Dalam tahap ini biasanya Google akan mengirimkan “Spider” atau “Bot” untuk mengambil semua halaman yang terhubung pada suatu situs.

Setelah proses Crawling, maka proses selanjutnya bernama Indexing. Sesuai dengan namanya, Indexing merupakan proses Google mengindeks konten yang sudah dibuat. Jika sudah diindeks, maka konten tersebut akan disimpan di database Google yang nantinya akan muncul jika seseorang mencari konten dengan keyword yang sudah dibuat.

Setelah proses Indexing, maka tahapan selanjutnya disebut dengan Processing. Saat mesin pencari Google menerima perintah untuk mencari data dengan keyword yang dimasukkan, misalnya saja keyword yang dimasukkan adalah “Ikan Air Tawar”, maka Google akan memproses permintaan tersebut dan menampilkan data yang sudah tersimpan di database mereka.

Setelah itu Google akan melanjutkan proses ke Calculating Relevancy. Biasanya dalam suatu website akan ada kata kunci yang sama yang mengacu pada satu objek kata kunci yang sedang dicari. Google akan mencoba untuk menampilkan indeks tersebut agar dapat diketahui oleh si pencari informasi.

Langkah terakhir disebut sebagai Retrieving Result. Jika sudah memasuki tahap ini, mesin pencari Google akan menampilkan semua data yang berhubungan dengan keyword yang kita masukkan. Biasanya informasi yang berada di halaman pertama Google adalah informasi yang paling kredibel, tetapi itu tidak berarti informasi yang ada di halaman berikutnya tidak valid. Intinya adalah, tahapan ini merupakan tahapan akhir dari semua proses penyediaan informasi yang dilakukan Google.

local_offerevent_note January 11, 2019

account_box YSM


local_offer