Pelajari Teknik Social Media Marketing: Part 6

Pelajari Teknik Social Media Marketing: Part 5

Mari kita lanjutkan pembahasan kita mengenai social media marketing. Di part kelima ini, kita akan membahas tentang post di social media yang mendapatkan respon paling banyak.

 

Kita mulai dari Twitter, berdasarkan data yang didapatkan dari Twitter, postingan dengan photo dan URL yang mendapatkan raihan feedback terbanyak, baik itu Retweet, like ataupun comment. Mari kita lihat data dibawah ini :

 

Retweet terbanyak

 

Terlihat bukan, untuk postingan yang hanya mengandalkan hashtag, raihan responnya berada di titik terkecil dengan total 16% sedangkan raihan tertinggi didapatkan melalui postingan yang menyertakan gambar dan juga URL dengan total 35%.

 

Sedangkan ada perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan Facebook, mari kita lihat data dibawah ini :

 

Facebook organic reach

 

Jangkauan paling besar diraih oleh post dengan link didalamnya ( 30% ) sedangkan yang paling rendah diraih oleh post berdasarkan foto ( 8% ).

 

Dengan data diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa jika kalian ingin menggunakan Twitter, maka post yang harus dilakukan harus disertakan URL dan juga FOTO.

 

Berbanding terbalik dengan Facebook yang lebih banyak mendapatkan respon dari post yang menyertakan link sumber.

 

Selanjutnya, artikel seperti apa yang mendapatkan share atau like terbanyak ?

 

Menurut data yang dikeluarkan oleh OKDork dan BuzzSumo, dari 100 juta artikel yang diteliti, ternyata artikel yang paling banyak di share adalah artikel yang bisa membangkitkan perasaan, mari kita lihat data lengkapnya dibawah ini :

 

Popular-Emotions

 

 

Perasaan sendiri dibagi menjadi beberapa bagian :

 

1. Awe ( Kagum )
2. Laughter ( Lucu )
3. Amusement ( Hiburan )
4. Joy ( Bahagia )
5. Anger ( Marah )
6. Empathy ( Empati )

 

Jadi, jenis postingan yang paling efektif adalah postingan yang mengandung foto yang dapat meningkatkan perasaan kagum. Tapi pada prakteknya tidak sesederhana itu, kalian harus bisa mengkombinasikan berbagai macam perasaan untuk mendapatkan respon.

 

Baiklah kita akan akhiri bab kelima sampai disini. Bab berikutnya adalah penutup dari pembahasan Social Media Marketing, Stay Tuned !

local_offerevent_note Maret 17, 2019

account_box YSM


local_offer