Sejarah Twitter - Aplikasi Sosial Media Dengan Logo Burung Biru

Sejarah Twitter – Aplikasi Sosial Media Dengan Logo Burung Biru

Twitter merupakan platform sosial media yang cukup ternama saat ini dan menjadi rival terkuat Facebook. Berbeda dengan Facebook, ada beberapa batasan yang diterapkan oleh pihak Twitter dalam memposting suatu konten, misalnya saja jumlah karakter huruf yang bisa dimasukkan dalam satu kali postingan. Namun masih banyak yang belum mengetahui sejarah dari Twitter. Mari kita bahas lebih dalam tentang sejarah berdirinya Twitter.

Twitter pertama kali dirintis pada bulan Maret 2006 silam oleh Jack Dorsey. Evan Williams dan juga Biz Stone. Evan dan juga Biz Stone merupakan mantan pekerja Google sedangkan Jack Dorsey merupakan karyawan Odeo. Di tahun 2006, Evan dan Biz akhirnya mendirikan perusahan yang dinamakan Obvious Corp.

Jack Dorsey menjadi pencetus ide Twitter. Idenya tersebut dipublikasikan pada acara Podcasting yang diselenggarakan oleh perusahaan Odeo. Pada publikasi tersebt, Jack menginformasikan idenya mengenai interaksi melalui pesan antara banyak pihak dalam satu ruang lingkup aplikasi yang sama.

Kala itu platform sosial media yang cukup ternama adalah AOL Messenger. Jack melihat adanya peluang dari aplikasi semacam ini hingga akhirnya ia memutuskan untuk membangun Twitter. Awalnya nama yang digunakan adalah Twttr hingga akhirnya berubah menjadi Twitter.

Konsepnya cukup sederhana, yakni sebuah sistem yang dapat mengirimkan pesan kepada banyak orang dan dapat disebarluaskan oleh orang yang menerima pesan tersebut. Pada tanggal 15 Juli 2006, proyek pembuatan Twitter akhirnya berjalan. Kepopuleran Twitter dimulai pada tahun 2007 dimana terjadi peningkatan Tweets ( cuitan ) yang awalnya hanya 20.000 menjadi 60.000 per harinya.

local_offerevent_note December 13, 2018

account_box YSM


local_offer