Pelahari Dasar-Dasar WordPress Untuk Mengembangkan Bisnis

WordPress merupakan salah satu platform untuk membuat sebuah blog. Berbeda dengan Blogger, tampilan untuk WordPress jauh lebih modern, ibaratnya WordPress itu adalah penyempurnaan dari Blog. Oleh sebab itu kalian perlu memahami dasar-dasar yang ada pada WordPress.

 

Pertama, untuk bisa masuk ke dashboard WordPress yang sudah kalian buat, kalian perlu menambahkan /wp-admin/ pada bagian situs, misalnya saja wordpress yang kalian buat adalah pintarseo.com, maka untuk masuk ke dashboard kalian perlu mengetikkan pintarseo.com/wp-admin. Dalam dashboard, ada banyak pengaturan yang bisa kalian lakukan.

 

Pengaturan pertama adalah penggantian nama blog, bahasa serta pergantian lainnya. Bagi kalian yang ingin mengganti nama serta tagline yang ada pada blog, kalian bisa masuk ke menu setting, lalu pilih menu General.

 

Hasil gambar untuk wordpress

 

Dalam membuat blog, penerapan tema juga dapat menjadi salah satu faktor penunjang keindahan suatu blog. Untuk mengganti tema, kalian bisa masuk ke menu Apperance lalu pilih menu Themes. Di menu ini ada berbagai themes yang dapat diunduh secara gratis. Kalian hanya perlu menyesuaikannya saja dengan konten yang kalian buat.

 

Salah satu kelebihan WordPress dibandingkan dengan Blogger adalah ketersediaan plugin. Plugin disini berbeda dengan yang ada di Blogger. Jika di Blogger, kalian perlu memahami bahasa programming, sedangkan di WordPress semuanya sudah tersedia dan tinggal kalian unduh saja.

 

Jika kalian ingin menambah plugin baru, kalian tinggal masuk ke menu plugin, lalu pilih menu add new. Sedangkan jika kalian ingin melihat plugin yang sudah ada, kalian bisa masuk ke menu plugin lalu pilih menu installed plugin.

 

Plugin yang paling sering digunakan:

 

  1. Yoast SEO -> Untuk mempermudah urusan SEO dalam situs yang kalian buat.
  2. UpdraftPlus -> Dapat membackup data di situs yang kalian buat secara otomatis.
  3. Akismt -> Plugin ini dapat memfilter spam yang masuk ke situs kalian.
  4. iThemes Security -> Menambahkan keamanan dalam situs kalian.

 

Itu dia dasar-dasar WordPress yang perlu kalian ketahui. Untuk tips lainnya bisa kalian lihat di artikel lainnya yah. Happy Blogging !

 

Tulisan ini dipublikasikan di SEO dan tag . Tandai permalink.