Berbuat Baik Itu Mudah Tapi Untuk Menjadi Orang Baik Itu Yang Susah

Berbuat Baik Itu Mudah Tapi Untuk Menjadi Orang Baik Itu Yang Susah

Semua orang bisa berbuat baik. Semua orang bisa berbuat jahat. Karena semua itu sangatlah mudah. Kalian bisa dengan mudah berbuat hal yang baik. Entah pada orang terdekatmu atau orang asing. Dan bisa kalian lakukan kapan saja dan dimana saja. Saat kalian tidak ingin berbuat baik pun, kalian bisa. Tapi yang paling sulit itu sebenarnya adalah menjadi orang baik. Bagaimana tidak, karena untuk menjadi orang baik, kalian harus terus menerus bersikap baik. Melakukan hal baik dan berpikir yang baik juga. 

Berbuat Baik Itu Mudah Tapi Untuk Menjadi Orang Baik Itu Yang Susah

Orang baik itu adalah soal konsistensi. Kalau hanya sekedar berbuat baik, semua orang pun bisa. Kalau hanya sekedar melakukan atau mengatakan hal baik. Tapi untuk bisa melakukan hal baik terus menerus. Berpikir hal yang baik dan positif terus menerus. Itu tidaklah mudah. Mungkin jika kalian tinggal di lingkungan yang banyak orang baik, itu tidak akan terlalu susah. Tapi coba kalian keluar dari zona nyaman. Kalian keluar, dan bertemu dengan berbagai macam orang. Dan disitu kalian akan tahu bahwa tidak semudah itu mempertahankan sikap baik dan berpikir baik. 

Kalian akan dihadapkan beberapa kondisi dimana kalian akan mulai meragukan, dan tidak percaya. Dan untuk melewati semua itu, memang tidak mudah, kalian akan banyak makan hati. Kalian akan sering sakit hati, akan sering sedih, kecewa, marah, kesal, dan kalian akan lebih sering menangis. Tapi itu adalah proses sampai kalian tahu bahwa tidak segampang itu menjadi orang baik. Tidak semudah itu untuk bisa konsisten bersikap baik dan berpikir baik kepada orang-orang. Karena kalian akan diperlihatkan bahwa tidak semua orang sebaik itu. 

Tidak semua orang sebaik dengan apa yang kita pikirkan. Dan hal buruk, kejahatan, itu nyata. Sehingga kita tidak bisa menyangkal bahwa ada memang orang yang jahat dan licik. Ada orang yang memang lahir memiliki hati dan niat yang jahat dan tidak baik. Ada seperti itu. Dan saat kalian sudah mengalami semua itu, dan kalian mengerti kalau menjadi orang baik itu tidak mudah, maka kalian akan menjadi jauh lebih menghargai saat orang bersikap baik pada kalian.