Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Menggunakan Iklan Di Sosial Media - Part 1

Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Menggunakan Iklan Di Sosial Media – Part 1

Sebelum kita memulai pembahasan lebih lanjut, kami akan menekankan satu hal: SOSIAL MEDIA merupakan sarana pemasaran iklan dan produk yang terlalu disuperiorkan, sepakat dengan hal ini ? Jika ya, berarti pembahasan ini akan lebih mudah dipahami, jika tidak maka kalian harus mengubah pola pikir kalian terlebih dahulu.

 

Jika dilihat dari statistik mungkin akan terlihat luar biasa. Di tahun 2015 silam, data yang didapatkan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia ( Menkominfo ) mengatakan bahwa ada sekitar 38 juta pengguna internet yang berdomisili di Indonesia. 79% dari mereka merupakan pengguna sosial media yang aktif.

 

Terdengar banyak ? Jelas ! Tetapi kita perlu tahu, dalam praktek aslinya tidaklah seperti itu. Pernah lihat orang yang gagal dalam melakukan iklan di sosial media, bahkan hanya bertahan hanya dalam hitungan bulan yang begitu singkat ?

 

Lalu, sosial media itu tidak baik untuk promosi ? No ! Hanya saja cara yang ditempuh itu salah. Kita akan membahas hal yang paling sering dilakukan oleh pebisnis dalam mempromosikan iklan di sosial media.

 

Daftar akun -> Upload foto yang menarik -> Melengkapi profile yang ada -> Buat postingan ( video, tweet, text ) -> Cari retweet atau like.

 

Biasanya siklus mereka hanya seperti itu. Apakah cukup ? Absolutely no ! Kita masuk ke pembahasan yang lebih lanjut agar kalian bisa lebih paham.

 

Dalam memulai bisnis dengan sosial media, kalian perlu menerapkan satu social media utama. Jangan langsung protes, memang semakin banyak iklan kita tayang maka konsumen yang akan tahu mengenai produk kita juga akan semakin banyak. That’s true, tetapi mekanismenya tidak seperti itu. Berikut ini pertimbangan yang perlu kalian pikirkan:

 

-> Waktu -> Biaya -> Tenaga -> Ilmu

 

Tidak memiliki kendala dengan keempat hal diatas, anda boleh menggunakan lebih dari satu media sosial. Jika kalian ada masalah dengan empat hal tadi, putuskan satu media sosial yang paling banyak digunakan. Berikut ini data penggunaan media sosial yang ada di Indonesia.

 

 

Social media terpopuler

 

Bisa kita lihat bahwa Facebook dan Twitter menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Itu berarti akan lebih banyak target yang bisa kalian capai jika kalian menggunakan platform media sosial tersebut untuk iklan.

 

 

Demografi social media Indonesia

 

Melihat diagram diatas, Facebook menjadi sosial media dengan pengguna terbanyak, apakah itu bagus ? Ya, tetapi tidak selalu seperti itu. Mengapa ? Karena kalian harus melihat beberapa karakteristik dan iklan yang akan kalian buat. Untuk pembahasan part pertama akan kita sudahi sampai disini. Untuk bab kedua akan segera kami upload, so stay tuned.

local_offerevent_note July 25, 2018

account_box YSM


local_offer